Berita Dunia Islam Terdepan

Edison, Penghemat Listrik Untuk PC

0 2

JAKARTA – Melambungnya biaya listrik dan kesadaran lingkungan yang meningkat terus melahirkan cara baru untuk menghemat daya. Kali ini hadir solusi hemat energi dari Verdiem.

Piranti lunak yang diberi nama Edison keluaran Verdiem ini dirancang untuk memudahkan pengguna Personal Computer (PC) untuk mengganti-ganti bentuk penggunaan daya listrik baik di rumah atau di kantor. Selain itu, Edison juga akan memberitahu berapa besar listrik yang berhasil dihemat, berapa banyak karbon dioksida yang bisa direduksi berikut jumlah uangnya, seperti keterangan yang dikutip dari Cnet, Minggu (7/9/2008).

Rencananya software anyar ini akan didemonstrasikan kehebatannya oleh CEO Verdiem Kevin Klustner saat melakukan conference call dengan chief environmental strategist Microsoft Robert Bernard dan president of the Climate Savers computing industry consortium dari Intel Lorie Wigle.

Edison dapat dioperasikan tanpa harus mematikan computer, melainkan memindahkan sistem kerja PC ke bentuk suspend yang lebih hemat energi. Namun, bila ingin PC dimatikan dulu sebelum berpindah ke bentuk suspend, semua bisa diatur dengan Edison.

Perkiraan penghematan yang bisa dilakukan oleh piranti ini tergantung dari berapa tinggi nilai listrik dan jenis komputer yang kita gunakan, sekitar 410 kilowat atau 36,50 setahun bila menurut keterangan dari pihak Verdiem. Edison bisa dioperasikan dengan Windows XP atai Windows Vista.

Sebagai informasi, PC mengonsumsi 10 persen dari energi listrik di setiap rumah dan melepaskan karbon dioksida sebanyak yang dikeluarkan sebuah mobil. Bahkan daya yang dikeluarkan akan bertambah 100 hingga 250 watt bila screen saver diaktifkan. (okz)

Baca artikel lainnya...