Berita Dunia Islam Terdepan

Dell Serbu India & China dengan Komputer Murah

0 2

BEIJING (Arrahmah.com) – Dell Inc meluncurkan empat jenis komputer murah yang akan dipasarkan di China, India, dan negara berkembang lainnya.

Langkah ini untuk membuka jalan Dell dalam meraup keuntungan di pasar potensial selain Amerika Serikat. Sebelumnya penjualan tinggi di negara Asia membantu Dell bangkit dari keterpurukan karena lesunya perekonomian Amerika.

Akan ada dua notebook dan dua personal computer (PC) yang dilempar ke pasaran dengan target pembeli wiraswasta kecil dan akan digunakan di 20 negara seluruh Asia, Afrika, dan Amerika latin. Soal harga, notebook Vestro akan dijual mulai harga 3,299 yuan atau USD475 dan 2.999 yuan atau sekitar USD440 untuk PC.

Selain Dell, perusahaan lain yang mengembangkan sayap mereka untuk meraih keuntungan setinggi-tingginya di Asia adalah Hewlett-Packard Co, Acer Inc, dan Lenovo Grup.

Penjualan produk Dell pada kuarter pertama di China, India, Rusia, dan Brasil, seperti yang dilaporkan BRIC, tumbuh sebanyak 58 persen atau sekitar 10 kali lebih tinggi dari penjualan di Amerika. Selanjutnya Dell menargetkan peningkatan 20-30 persen di tahun depan.

Produk baru keluaran Dell ini didesain khusus oleh sebuah pusat disain di Shanghai agar lebih fokus. Terobosan ini merefleksikan bahwa China, India, dan negara berkembang lainnya sedang menjadi target pemasaran komputer, otomotif, makanan, pakaian, dan perusahaan global lainnya.

Pakar industri meramalkan pasar komputer di China seharusnya berkembang dari 50 juta unit di tahun lalu menjadi 500 juta di tahun 2015, atau menjadi dua kali lipat dari yang ditargetkan di Amerika.

Dell sendiri pada awalnya membangun singgasana bisnis mereka di Amerika melalui bisnis internet dan penjualan telepon. Kini Dell merambah ke China dengan jaringan outlet sebanyak 2.700, bekerja sama dengan jaringan ritel elektronik Gome dan Sunning, dan total 13.000 outlet ritel di seluruh dunia.

“Pasar-pasar potensial ini sedang berkembang sangat cepat dan kami tidak ingin melewatkan kesempatan ini,” ujar Presiden Dell kawasan Asia Pasifik Steve Felice seperti yang dikutip dari Associated Press, Senin (1/9).

Bukti kesungguhan Dell dalam mengukuhkan posisi mereka di China direalisasikan dengan rencana mereka melakukan ekspansi ke Beijing, Shanghai, dan 50 persen daerah pedalaman yang berpotensial. (Hanin Mazaya/Okz)

Baca artikel lainnya...