Berita Dunia Islam Terdepan

Hubungan Retak, Militer AS Mata-Matai Militer Irak

0 3

Baghdad (armnews) – Amerika Serikat sudah mulai tidak percaya dengan kinerja pasukan pemerintahan Irak, bonekanya. Dengan menggunakan satelit mata-mata, AS memantau gerakan militer Irak.

Amerika Serika menggunakan satelit mata-mata untuk memantau gerakan militer Irak dukungan AS, demikian laporan Los Angeles Times.

Tindakan memata-matai itu mencerminkan rusaknya rasa saling percaya dan koordinasi di antara kedua kekuatan militer tersebut, kata surat kabar itu.

Beberapa pejabat AS mengatakan itu adalah bagian dari “upaya intelijen yang diperluas dan dilancarkan setelah para komandan AS terkejut dengan gerakan keras militer Irak ke Basra tiga bulan lalu”.

Penggunaan satelit itu menempatkan Amerika Serikat pada posisi tak biasa karena menggunakan teknologi mata-mata paling canggih guna melacak militer sekutunya yang justru pembentukannya dibantu oleh pasukan AS, terus memberi saran dan seringkali bertempur secara berdampingan.

Banyak ahli mengatakan tindakan itu memperlihatkan keprihatinan para komandan AS mengenai apakah timpalan mereka di Irak akan mengikuti panduan AS atau terus memberitahu mitra koalisi mereka.(prince/ant/bbs)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...