Berita Dunia Islam Terdepan

Tariq Aziz Diadili di Irak

0 3

Mantan Wakil PM Irak Tariq Aziz disidang dalam kasus hukuman mati atas sekelompok pedagang dari Baghdad pada tahun 1992.

Tariq Aziz, bersama dengan tujuh mantan pejabat rezim Saddam Hussein lainnya, dituduh terlibat dalam eksekusi sekitar 40 pedagang.

Para pedagang dituduh sengaja menaikkan harga pangan ketika Iran terkena sanksi internasional. Mereka dieksekusi setelah disidang secara kilat.

Salah seorang terdakwa lainnya adalah Ali Hassan al-Majid, yang juga dikenal dengan julukan “Ali Kimia”.

Ali Hassan al-Majid saat ini menunggu hukuman mati setelah tahun lalu divonis bersalah karena mengepalai operasi pada tahun 1980 yang menewaskan puluhan ribu penduduk sipil Kurdi Irak.

Terdakwa lainnya dalam kasus pembunuhan sekelompok pedagang dari Baghdad adalah saudara tiri Saddam Hussein, Watban Ibrahim al-Hassan.

Putra Tariq Aziz, Ziad mengatakan ayahnya tidak bersalah.

“Ayah saya mengatakan kepada saya bahwa dia tidak terlibat dalam kasus ini. Saat itu, ayah saya sedang dalam tugas resmi di luar Irak,” katanya kepada kantor berita AFP.

“Tidak satu pun keluarga pada pedagang itu yang mengajukan gugatan terhadap ayah saya.”

Tariq Aziz dirawat di rumah sakit tahun lalu setelah jatuh sakit ketika di dalam tahanan. Pada tahun 2006 dia terkena stroke.

Dia ditahan pada bulan April 2003 setelah menyerahkan diri kepada tentara Amerika Serikat.

Hakim senior

Persidangan akan dilakukan oleh Mahkamah Tinggi Irak, yang dibentuk untuk mengadili mantan pejabat rezim Saddam Hussein. Tariq Aziz diperkirakan akan tampil di sidang, kata juru bicara mahkamah itu Areef Shaheen kepada BBC.

Sidang akan dijalankan serupa dengan kasus-kasus sebelumnya, dengan mendengarkan kesaksian para penggugat, kemudian para saksi, dan akhirnya para terdakwa, kata juru bicara tadi.

Saddam Hussein dihukum mati pada bulan Desember 2006 setelah dinyatakan bersalah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan atas pembunuhan 148 pria dan anak laki-laki Syiah setelah rencana membunuh Saddam Hussein gagal pada tahun 1982 gagal.

Hakim Rauf Rasheed Abdel Rahman, seorang Kurdi Irak, akan memimpin sidang Aziz. Dia adalah hakim yang sama yang memvonis mati Saddam Hussein. [fad/bbc]

TARIQ AZIZ

– Lahir tahun 1936, di dekat Mosul, Irak utara

– Kuliah di jurusan sastra Inggris dan menjadi wartawan

– Pejabat Kristen paling senior dalam rezim Saddam Hussein yang digulingkan

– Meminta bantuan AS dalam perang melawan Iran

– Bertemu Presiden AS Ronald Reagan di Gedung Putih pada tahun 1984

– Lebih dari 10 tahun menjabat sebagai wakil Saddam Hussein

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...