Berita Dunia Islam Terdepan

Bush Dukung Penilaian Petraeus Tahan Rencana Penarikan Tentara AS

0 0

Washington (arrahmah) – Presiden AS George W Bush mengatakan dia akan membekukan rencana untuk menarik tentara Amerika dari Irak, seperti yang diminta oleh panglima tertinggi Amerika di negara itu.

Presiden Bush mengatakan kepada majalah The Weekly Standard bahwa “penurunan jumlah” akan dilanjutkan hingga Juli seperti yang telah direncanakan.

Tetapi setelah itu, dia mengatakan, Jenderal David Petraeus “ingin kita menunggu dan melihat dulu. Dan saya sangat mendukung itu. Dan karena itu saya tidak mau membuat komitmen setelah Juli.”

Bush mengukuhkan pernyataannya ini pada hari Kamis waktu setempat di Gedung Putih.

Kepada para wartawan Bush mengatakan bahwa Jenderal Petraeus telah menyatakan bahwa dia perlu waktu untuk konsolidasi pasukan dan mengevaluasi dampak pengurangan kehadiran Amerika sebelum mengajukan rekomendasi terukur mengenai pengurangan lebih lanjut jumlah pasukan.

“Saya katakan kepada dia, bahwa dia mendapatkan waktu yang dia perlukan,” kata Presiden Bush.

“Sebagian orang menyatakan, masa evaluasi ini akan berarti jeda. Pernyataan itu menyesatkan sebab tidak satu pun operasi kami di Irak akan ditangguhkan. Sebaliknya, kami akan menggunakan bulan-bulan ke depan untuk memanfaatkan peluang yang tercipta dari pengerahan pasukan tambahan dan melanjutkan operasi di seluruh sektor.”

Jenderal Petraeus memberikan rekomendasi agar penarikan pasukan dihentikan setelah bulan Juli, ketika dia menyampaikan laporan kemajuan di hadapan komite Kongres.

Presiden dijadwalkan akan bertemu dengan jenderal AS tertinggi di Irak itu, serta dengan dutabesar AS untuk Irak, Ryan Crocker dan para anggota senior Kongres, sebelum mengeluarkan pernyataannya.

Bush diperkirakan akan mempersingkat misi Amerika di Afghanistan dan Irak dari 15 bulan menjadi 12 bulan, kata para pejabat pertahanan.

Kemajuan

Dalam pernyataan yang disampaikan pada hari Rabu di hadapan Komite Angkatan Bersenjata di Kongres, Jenderal Petraeus mengatakan sudah dicapai kemajuan di Irak namun masih banyak tantangan yang harus dihadapi.

Dia mengatakan penghentian penarikan pasukan setelah Juli membuka jalan bagi penilaian kembali kebijakan tersebut.

Jenderal Petraeus mengatakan kepada komite itu bahwa rencana “pengurangan” sekitar 200.000 pasukan harus dilanjutkan sampai bulan Juli, tetapi setelah itu harus ada masa 45 hari untuk “konsolidasi dan evaluasi” sebelum pasukan ditarik lebih lanjut.

Dia tidak bisa mengatakan berapa banyak tentara Amerika akan masih berada di Irak pada akhir tahun ini. Saat ini 160.000 tentara Amerika bertugas di Irak. [fad/bbc]

Baca artikel lainnya...