Syaikh al-Maqdisi telah Dibebaskan dari Penjara Yordania

0 4

Yordania (armnews) – Sumber-smber keamanan Yordania mengatakan, bahwa Pemerintah Yordania pada hari Rabu 12 Maret 2008 telah melepaskan Syaikh Abu Muhammad al-Maqdisial-Urduni. Seorang tokoh Tandhim as-Salafiyyah al-Jihadiyah yang menonjol, setelah dipenjara beberapa tahun tanpa proses pengadilan.

Penanggungjawab intelligent Amerika mengatakan, bahwa al-Maqdisi adalah tokoh yang menonjol pada gerakan jihadi. Dia memeiliki pengaruh pemikiran jihadi yang lebih jauh dari tokoh-tokoh lain yang tak kelah menonjolnya seperti Usamah bin Ladin dan Ayman adh-Dhawahiri

Sumber yang berasal dari reuters mengatakan, bahwa al-Maqdisi adalah guru Abu Mush’ab az-Zarqawi, pimpinan Tandhim al-Qa’idah di Iraq, ditangkap kembali pada Juli 2005.

Al-Maqdisi ditahan dalam satu sel dengan az-Zarqawi selama empat tahun, dari tahun 1995 hingga 1999, dan keduanya dilepaskan karena ada amnesty. Lalu az-Zarqawi pergi ke Afghanistan, lalu ke Iraq.

Sumber keamanan telah membebaskan syaikh al-Maqdisi tanpa memberikan keterangan apa-apa. Tetapi para analis dari berbagai sumber informasi menjelaskan bahwa pembebasan ini dilatarbelakangi oleh kesehatan al-Maqdisi yang cukup memprihatinkan, setelah beliau melakukan sejumlah aksi mogok makan di penjara, karena beliau dipenjara tanpa ada proses hukum atau tuduhan yang jelas. (abahzaky web)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.