Berita Dunia Islam Terdepan

Syaikh al-Maqdisi telah Dibebaskan dari Penjara Yordania

0 3

Yordania (armnews) – Sumber-smber keamanan Yordania mengatakan, bahwa Pemerintah Yordania pada hari Rabu 12 Maret 2008 telah melepaskan Syaikh Abu Muhammad al-Maqdisial-Urduni. Seorang tokoh Tandhim as-Salafiyyah al-Jihadiyah yang menonjol, setelah dipenjara beberapa tahun tanpa proses pengadilan.

Penanggungjawab intelligent Amerika mengatakan, bahwa al-Maqdisi adalah tokoh yang menonjol pada gerakan jihadi. Dia memeiliki pengaruh pemikiran jihadi yang lebih jauh dari tokoh-tokoh lain yang tak kelah menonjolnya seperti Usamah bin Ladin dan Ayman adh-Dhawahiri

Sumber yang berasal dari reuters mengatakan, bahwa al-Maqdisi adalah guru Abu Mush’ab az-Zarqawi, pimpinan Tandhim al-Qa’idah di Iraq, ditangkap kembali pada Juli 2005.

Al-Maqdisi ditahan dalam satu sel dengan az-Zarqawi selama empat tahun, dari tahun 1995 hingga 1999, dan keduanya dilepaskan karena ada amnesty. Lalu az-Zarqawi pergi ke Afghanistan, lalu ke Iraq.

Sumber keamanan telah membebaskan syaikh al-Maqdisi tanpa memberikan keterangan apa-apa. Tetapi para analis dari berbagai sumber informasi menjelaskan bahwa pembebasan ini dilatarbelakangi oleh kesehatan al-Maqdisi yang cukup memprihatinkan, setelah beliau melakukan sejumlah aksi mogok makan di penjara, karena beliau dipenjara tanpa ada proses hukum atau tuduhan yang jelas. (abahzaky web)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...