Berita Dunia Islam Terdepan

Ditekan Amerika, Jerman Terpaksa Kirim 500 Tentara ke Afghanistan

0 1

Jerman (armnews) – Pemerintah Jerman akhirnya menyerah oleh tekanan yang terus dilakukan Amerika terhadapnya. Kepada Negara Paman Sam ini, Jerman akhirnya menyetujui untuk mengirim 500 tentaranya ke Afghanistan, sebagaimaan telah dilansir oleh koran Jerman Dili De Wilt.

Jumlah ini seharusnya disetujui terlebih dahulu oleh parlemen, karena pemerintah Jerman sendiri tidak diizinkan kecuali hanya menyertakan 3500 tentara saja untuk bergabung dengan ISAF yang berada di bawah komando NATO di Afghanistan.

Penambahan jumlah pasukan itu dilakukan, setelah beberapa hari sebelumnya menteri pertahanan Jerman menyangkal dalam jumpa persnya bahwa pihak mereka akan menambah 1000 pasukan tambahan untuk dikirim ke Afghanistan .

Sebelumnya para politisi Jerman marah setelah menteri pertahanan Amerika Robert Gates mengirim surat “keras” kedada Berlin agar menerjunkan pasukan Jerman ke Afghanistan Selatan, setelah banyak serangan di wilayah ini yang dilakukan oleh pejuang Taliban.

Dan NATO yang telah mengirim 42 ribu pasukan di Afghanistan menyeru agar anggotanya mengirimkan 7500 personel pasukan untuk membendung serangan pejuang Taliban di wilayah selatan.

Sedangkan Jerman sendiri telah mengirim 3200 personal yang mayoritas berada di Kabul dan Afghanistan Utara, yang tergolong “wilayah paling aman”. Dan mereka sendiri menolak untuk ditempatkan di wilayah konflik di daerah selatan, menurut pihak mereka, rencana itu bukan merupakan langkah yang strategis.

Amerika juga melakukan tekanan terhadap anggota NATO yang lain seperti Kanada dan beberapa negara lain.

Sumber: Hidayatullah

Baca artikel lainnya...