Berita Dunia Islam Terdepan

Badai hantam daerah selatan AS

0 1

Amerika (arrahmah) – Sedikitnya 47 orang tewas dan puluhan orang lain luka-luka akibat tornado kuat yang melanda empat negara bagian Amerika Serikat di kawasan selatan. 

Badai itu menghantam Arkansas, Mississippi, Tennessee dan Kentucky menjelang berakhirnya pemilihan Super Tuesday, untuk memilih calon presiden dua partai besar yang akan maju dalam pemilihan presiden November mendatang.

Kebakaran besar terjadi di sebuah tempat pemompaan gas alam di Tennessee yang diduga rusak akibat badai.

Di negara bagian yang sama, sejumlah mahasiswa terjebak di bawah reruntuhan gedung asrama mereka karena atap gedung itu jatuh terkena tornado.

Pusat Pelayanan Cuaca Nasional Amerika mengatakan, paling tidak enam tornado melewati daerah antara Jackson dan Oxford, Mississippi yang berjarak 160 km.

Ratusan ribu orang dilaporkan tidak mendapatkan aliran listrik.

Pasangan suami istri dan anak perempuan mereka yang berusia 11 tahun meninggal saat rumah mereka dihancurkan badai di dekat pusat kota Atkins, Arkansas.

Petugas penyelamat berupaya mencari korban selamat dalam kegelapan.

“Ini adalah malam yang luar biasa,” kata Gubernur Arkansas Mike Beebe. “Saat kami diliputi kegelapan, semuanya jauh lebih sulit.”

‘Porak-poranda’

Kobaran api menjulang tinggi di udara setelah tempat pemompaan gas alam Columbia Gulf Natural Gas dekat Green Grove, Tennessee terbakar.

Kantor berita Associated Press mengutip pihak berwenang yang mengatakan api telah menjalar ke rumah-rumah sekitar, menewaskan sejumlah orang yang belum diketahui jumlahnya.

Di Universitas Union di Jackson, Tennessee Barat, sedikitnya tiga mahasiswa terjebak di bawah reruntuhan gedung asrama mereka.

Mereka dilaporkan berbicara lewat telpon dengan tim penyelamat yang mencoba mengeluarkan mereka.

Di Memphis, Tennessee, sebuah badai menghancurkan dinding sebuah pusat perbelanjaan.

Kepolisian di sana mengatakan, beberapa orang yang sedang berlindung di bawah jembatan tertiup angin jatuh ke dalam sungai, namun mereka berhasil ditarik keluar dari Sungai Wolf hanya mengalami luka-luka ringan.

Di Southaven, Mississippi, angin tornado merusak gudang-gudang di sebuah kawasan industri.

Kepala polisi setempat Steve Atkinson mengatakan: “Angin kencang memporak-porandakan gudang-gudang itu. Cara terbaik untuk menggambarkannya insiden itu adalah seperti ada bom yang meledak.”

Para bakal calon presiden, termasuk Hillary Clinton, Barack Obama dan Mike Huckabee menyampaikan keprihatinan mereka bagi para korban dalam pidato kampanye masing-masing kandidat. [fad/bbc]

Baca artikel lainnya...