Berita Dunia Islam Terdepan

OKI Kecam Skenario AS Soal Pembagian Wilayah Iraq

0 1

Organisasi Konferensi Islam (OKI) mengecam skenario Senat AS soal pembagian wilayah Iraq. Ada usaha Amerika memecah etnis.

Organisasi Konferensi Islam (OKI) mengecam skenario Senat AS soal pembagian wilayah Iraq. Menurut Kantor Berita AFP, Sekjen OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu, mengatakan, “Skenario AS yang membagi wilayah Iraq berdasarkan suku dan madzhab justru akan semakin menimbulkan instablitas dan pembantaian antar kelompok di kalangan anak bangsa negara ini.”

Ihsanoglu menandaskan, “OKI mendukung perdamaian dan rekonsiliasi seutuhnya di Iraq sebagai ganti dari pembagian wilayah geografi negara ini.”

Sebagaimana diketahui, Rabu kemarin, Senat AS mengusulkan draf yang membagi Iraq menjadi tiga wilayah; kawasan Syiah, kawasan Sunni dan kawasan Kurdi.

Dalam mereaksi prakarsa ini, pemerintah Iraq kemarin mengumumkan bahwa keputusan mengenai masa depan Iraq ada di tangan dirinya sendiri.

Ketua Dewan Kerjasama Teluk Persia (GCC) juga menolak prakarsa pembagiaan Iraq menjadi tiga bagian, dengan mengatakan, “Langkah ini justru akan memperkeruh suasana di Iraq.”

Sumber: Hidayatullah

Baca artikel lainnya...