Berita Dunia Islam Terdepan

Semakin Banyak Tentara NATO Tewas di Afghanistan

0 1

Kabul – Sebuah serangan bunuh diri di ibukota Afghanistan, Kabul, menewaskan seorang tentera Perancis yang tergabung dalam Pasukan Bantuan Keamanan Internasional NATO (ISAF), kata polisi kepada AFP.

“Warga asing yang tewas itu adalah seorang tentara ISAF,” kata Alishah Paktiawai, kepala polisi bagian anti-kejahatan Kabul.

ISAF membenarkan telah terjadi serangan bunuh diri terhadap salah satu iring-iringan pasukannya, namun tidak menyebutkan adanya korban jiwa.

Tentara Belanda Tewas

Seorang tentara Belanda berusia 20 tahun tewas, Kamis (20/92007), di Afghanistan selatan, ketika patrolinya mendapat serangan mortir, Perdana Menteri Jan Peter Balkenende dan kepala tentara Dick Berlijn mengatakan.

Tim Hoogland tewas sekitar lima Km di utara markas Belanda di Deh Rawood di provinsi Uruzgan, kata mereka, kata AFP mengutip kantor berita Belanda ANP.

Ia adalah tentara ke 11 Belanda yang tewas di Afghanistan, akibat kecelakaan atau dalam pertempuran.

Sekarang ini, 1.665 tentara Belanda dikerahkan di Uruzgan sebagai bagian dari Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF), yang memiliki sekitar 37.000 tentara di Afghanistan.

Tewas Karena Kecelakaan

Dua prajurit NATO yang mengambil bagian dalam perang melawan Taliban tewas dalam kecelakaan jalan raya, Kamis (20/9/2007), di Afghanistan selatan, kata Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO.

“Dua prajurit ISAF tewas di Afghanistan selatan ketika kendaraan yang mereka naiki mengalami kecelakaan,” kata ISAF dalam sebuah pernyataan, sambil menambahkan bahwa “tidak ada pasukan musuh yang terlibat” dalam peristiwa itu.

Pasukan internasional yang mencakup 37 negara itu tidak menyebutkan kewarganegaraan kedua korban tewas itu, agar negara tempat asal prajurit-prajurit itu menyampaikan sendiri pengumuman tersebut. Sebagian besar prajurit internasional di Afghanistan selatan berasal dari Inggris, Kanada, Belanda dan AS.

Dengan kematian-kematian terakhir itu, jumlah prajurit internasional yang tewas di Afghanistan tahun ini menjadi 166, sebagian besar akibat serangan musuh, menurut data yang dihimpun AFP.

Baca artikel lainnya...