Berita Dunia Islam Terdepan

China Operasikan Polisi Virtual

0 6

Pemerintahan Beijing, China, mengoperasikan “Polisi Cyber” guna mengawasi semua materi internet. Di Indonesia kenapa tidak?

Sebagai informan Ia berjalan, naik sepeda, atau naik mobil patroli dan memperingatkan para pengguna untuk menjauhi materi Internet ilegal.

Sinyal kartun itu akan muncul setiap setengah jam sekali pada 13 portal top China, termasuk Sohu dan Sina. Menurut keterangan kementerian keamanan publik Beijing, pada akhir tahun ini patroli virtual itu juga muncul di seluruh situs web yang terdaftar memiliki server di Beijing.

Kini pemerintah China memiliki kebijakan keras dalam menjaga materi dan isi internet yang dianggap oleh partai komunis yang berkuasa bisa mengancam moral ataupun politik. Walaupun ada kontrol ketat, perjudian ilegal, musik, buku, dan film bajakan sampai pornografi tumbuh subur di server Internet negara itu.

Polisi animasi itu didesain untuk mengejutkan para peselancar web dan mengingatkan mereka bahwa pemerintah memonitor ketat aktivitas web. Saat ini China memiliki populasi pengguna Internet kedua terbesar dunia dengan 137 juta orang online dan diperkirakan bisa melampaui posisi Amerika Serikat sebagai populasi online terbesar dalam dua tahun.

Sumber: Hidayatullah

Baca artikel lainnya...