Berita Dunia Islam Terdepan

Kedatangan Bush di Australia Disambut Demonstrasi

0 2

Sydney – Selasa (4/9/2007), sekitar 200 aktivis anti perang berkumpul di Sydney guna memprotes kebijakan Presiden Bush di Irak. Ribuan lagi diperkirakan akan bergabung dalam reli anti perang Sabtu.

Presiden Bush tiba di Sydney Australia untuk menghadiri forum kerjasama ekonomi Asia Pasifik, setelah melakukan kunjungan singkat ke Irak. Bush diperkirakan akan membahas perang di Irak dalam sejumlah pertemuan dengan para pemimpin dunia di sela-sela KTT ini, yang dimulai minggu ini.

Bush termasuk di antara 21 pemimpin Asia Pasifik yang akan membahas pembicaraan perdagangan dunia yang macet, kerjasama ekonomi kawasan itu dan perubahan iklim, dalam konferensi satu minggu itu.

Pihak berwenang Australia saat ini sedang mengadakan operasi keamanan yang paling besar dalam sejarahnya untuk melindungi para pemimpin. Polisi mengatakan mereka memperkirakan protes dengan kekerasan oleh para aktivis yang marah atas kebijakan luar negeri Amerika dan agenda APEC yang pro-dunia usaha.

Angket pendapat umum yang disponsori oleh kelompok anti-perang menunjukkan bahwa 52 persen warga Australia yakin Bush adalah presiden paling buruk dalam sejarah Amerika. Polisi mengatakan mereka akan menggunakan kekuatan kalau perlu untuk membendung protes dengan kekerasan. Pihak berwenang sudah menangkap beberapa aktivis lingkungan.

Baca artikel lainnya...