Berita Dunia Islam Terdepan

Bush Akui Perang Irak Sangat Berat

0 1

Setelah Perang Vietnam, Perang Irak merupakan perang terberat yang dilakukan AS di luar negeri. “Ini peperangan yang berat. Saya tahu, rakyat AS sudah bosan dengan perang ini,” ujar Bush seperti dilansir The Star (5/4).

Sejak menginvasi Irak, sampai sekarang saja sudah lebih dari 3.400 tentara AS yang menemui ajal di Irak. Belum lagi miliaran dollar AS yang dikucurkan. Ini semua membuat rakyat AS muak. Sudah berkali-kali mereka mendesak pemerintahan Bush agar sesegera mungkin menarik pasukannya dari Irak.

Isu Irak kemudian dimanfaatkan kubu Demokrat untuk menarik simpati rakyat AS. Dan taktik ini berhasil dengan dikuasainya kursi Kongres oleh Kubu Demokrat.

Walau demikian, Bush tak bergeming dengan segala tuntutan ini. Dia malah mengecam Kubu Demokrat yang meneriakkan pemunduran segera pasukan AS dari Irak dan menuduh Demokrat sebagai pihak yang sama sekali tidak punya empati terhadap tentara AS di Irak. Padahal menurut survey Newsweek terbaru, sekira 57 persen warga AS sudah tidak lagi mendukung perang AS di Irak.

“Kita harus menyelesaikan perang ini dengan baik, agar stabilitas bisa tercipta di sana,” ujar Bush. (Rizki)

Baca artikel lainnya...