Berita Dunia Islam Terdepan

Rakyat AS Makin Sudutkan Bush

0 4

Senada dengan sejumlah jajak pendapat sebelumnya, hasil polling CNN kemarin kembali menunjukkan publik Amerikamenginginkanagartentara AmerikaSerikat (AS) segera menarik pasukannya dari Iraq.

Sebanyak 54% responden juga mengatakan, pemerintahan Presiden George Bush dengan sengaja mengelabui publik AS bahwa Iraq memiliki senjata pemusnah masal.Yang tidak kalah menarik,dari jajak pendapat CNN,37% mengatakan AS tidak akan menang di Iraq.

Menurut CNN, hasil tersebut sekali lagi menunjukkan bahwa mayoritas publik AS melihat bahwa tentara AS tidak akan menang di Iraq. Hanya 29% yang mengatakan perang telah berjalan dengan baik.

Ini merupakan angka terendah yang pernah dicatat CNN. Jajak pendapat CNN menunjukkan, 21% ingin agar tentara AS segera ditarik,sedangkan 37% mengatakan,pasukan AS harus pulang dalam tempo setahun.

Sejumlah 39% mengatakan, pasukan AS tetap bertugas di sana selama mungkin. Jajak pendapat CNN dilakukan oleh Opinion Research Corporation, melibatkan 1027 responden. Meski dukungan terhadap keputusan Bush mengirim pasukan tambahan menjadi 37% atau naik 5% dari polling Januari, sejumlah 52% mengatakan,Kongres harus menghentikan pendanaan penambahan pasukan baru.

Seperti diketahui, Januari lalu Presiden Bush mengumumkan akan menambah 21.500 tentara ke Iraq untuk menumpas konflik sektarian dan pemberontakan Sunni di wilayah barat negara itu. Menurut hasil jajak pendapat terakhir,keputusan tersebut tidak populer, namun mereka yang menentang juga semakin menurun.Survei yang dilakukan pekan ini menunjukkan,59% menentang putusan tersebut, turun dari 66% pada jajak pendapat Januari. [snd]

Baca artikel lainnya...