Berita Dunia Islam Terdepan

Komandan Al-Qaidah Dikabarkan Terluka di Irak

0 0

Tentara AS di Irak mengatakan memiliki bukti-bukti perihal keberadaan Abu Ayub Al-Masri yang ditengarai sebagai salah satu jajaran pimpinan Al-Qaidah di Irak. Abu Ayub disebutkan dalam kondisi terluka akibat bentrok senjata yang terjadi di utara Baghdad beberapa waktu lalu.

Jubir Menteri Dalam Negeri Irak juga menyatakan bahwa pimpinan Al-Qaidah itu memang berada di Irak. Abu Ayub dikenal juga sebagi Abu Hamza Al-Muhajir. Ia terluka dalam insiden kontak senjata di lokasi yang berjarak sekitar 80 km ke arah utara dari kota Baghdad, ibukota Irak.

Salah seorang rekan Abu Ayub disebutkan tewas dalam insiden tersebut. Tapi pihak Mendagri Irak menolak merinci apa yang sedang mereka lakukan sehingga bisa mengetahui bahwa Abu Ayyub ada dalam kontak senjata itu.

Sementara jubir Militer AS di Irak mengatakan pada BBC, pihaknya tidak bisa memastikan secara cepat informasi adanya Abu Ayyub di Irak. Menurut tentara AS, Abu Ayub Al-Masri telah menerima tampuk pimpinan Al-Qaidah pada bulan Juni tahun 2006 lalu, setelah kematian pimpinan Al-Qaidah sebelumnya Abu Musab Az Zarqawi.

Tidak banyak orang yang mengenal dengan baik sosok Al-Masri. Ia disebut-sebut pernah terlibat dalam peperangan di Afghanistan sebelum kemudian datang ke Irak. (na-str/bbc)

Baca artikel lainnya...