Berita Dunia Islam Terdepan

Israel Bangun Reaktor Nuklir, Setahun Bisa Hasilkan 20 Bom

0 1

Israel,- Pemerintah Israel memulai proyek pembangunan reaktor nuklir di daerah Beershaba, dekat perbatasan Mesir. Proyek yang menelan biaya 20 milyar dollar ini diharapkan selesai pada tahun 2009.

Reaktor ini merupakan reaktor yang memiliki kemampuan tertinggi di dunia. Desainnya telah selesai dibuat oleh perusahaan Otomax International, awal tahun ini.

Reaktor bekerja dengan air berat (heavy water), memiliki daya 1000 megawatt dan menggunakan bahan bakar uranium alami.

Sekilas reaktor ini memang layaknya pembangkit tenaga listrik. Tapi, dibalik itu ia bisa menyediakan plutonium 339 yang biasa dipakai untuk menghasilkan senjata nuklir atau bahan awal dari bom.

Dalam setiap tahun, reaktor ini bisa menghasilkan 200 kg plutonium kualitas tinggi, jumlah yang cukup untuk menghasilkan 20 bom nuklir atau 2 bom hidrogen. Letak reaktor yang dekat dengan perbatasan Mesir, memungkinkan reaktor ini untuk membuang limbahnya di Sina.

Berkaitan dengan itu, Pusat Studi Strategis Javi awal bulan ini mengeluarkan laporannya bahwa Israel sedang mengembangkan rudal anti pesawat menjadi rudal anti rudal. Rudal ini menggunakan system KEW (kinetic Energy weapons) yang bekerja dengan sinar. Rudal memiliki daya lebih dari 3000 megawatt dan mampu meledakkan rudal di udara.

Israel juga tengah mengembangkan senjata yang mampu menembus rompi anti peluru dan mobil anti baja. (mis/ha/alislamu.com)

Baca artikel lainnya...