Berita Dunia Islam Terdepan

Amerika Akui Heli AS Ditembak Jatuh

0 0

Jurubicara militer AS mengakui tiga helikopter militer Amerika dan sebuah helikopter swasta jatuh sejak tanggal 20 Januari dengan memakan korban jiwa 20 warga Amerika. Jurubicara militer Amerika di Iraq, Mayor Jendral William Caldwell mengatakan, taktik mereka kini disesuaikan dan prosedur misi diubah berkaitan dengan kesimpulan ini.

Amerika telah kehilangan lebih dari 50 buah helikopter militer di Iraq sejak Mei 2003, dan lebih dari setengahnya akibat tembakan lawan.

Para wartawan mengatakan, insiden baru-baru ini memunculkan pertanyaan baru tentang kemungkinan pejuang Iraq mempergunakan senjata canggih lebih baru, atau taktik perlu diubah.

Mayor Jendral William Caldwell mengatakan kepada wartawan di Baghdad, kendati penyelidikan belum rampung, tampaknya insiden helikopter jatuh itu “semua akibat semacam tembakan dari darat.”

“Kami tidak melihat ini sebagai fokus hanya pada pasukan multinasional,” kata Caldwell. Caldwell tidak memperinci perubahan taktik dan prosedur yang ditempuh Amerika setelah jatuhnya keempat helikopter tersebut.

Amerika Serikat sangat bergantung pada helikopter untuk mengangkut pasukan dan serdadu, dan juga melancarkan serangan udara terhadap tersangka militan dan misi lain untuk mendukung pasukan darat.

Pinggir jalan

Dalam perkembangan lain di Iraq, pemerintah Iraq mengatakan akan mengumumkan panduan rencana pengamanan baru untuk ibukota, Baghdad, di parlemen dalam beberapa hari ini.

Pemerintah Iraq mengatakan bulan lalu, bahwa rencana itu akan dimotori oleh pasukan keamanan Iraq dengan dukungan tambahan dari militer Amerika Serikat.

Serangan bom terbaru di Bagdhad hari Ahad menewaskan sedikitnya 15 orang, termasuk empat orang polisi.Beberapa penembakan juga dilaporkan terjadi di Baghdad.

Kekerasan terbaru ini terjadi sehari setelah sedikitnya seratus tiga puluh orang tewas dalam serangan bom di distrik yang mayoritasnya berpenduduk Syiah, yang merupakan jumlah korban terbesar dalam serangan tunggal sejak Iraq diserbu Amerika Serikat tahun 2003. [bbc]

Kasus-kasus Jatuhnya Helikpter Militer AS

– 2 Feb: Helikopter Apache jatuh di dekat pangkalan militer AS di Taji, dua tewas

– 28 Jan: Helikopter Apache rontok sat mendukung aksi militer Iraq di dekat Najaf, 2 tewas

– 23 Jan: Helikopter OH-6A yang dipergunakan kontraktor keamanan swasta Blackwater jatuh di Baghdad setelah ‘ditembaki’; 4 warga sipil tewas

– 20 Jan: Black Hawk jatuh di dekat, 12 tewas. [bbc]

Baca artikel lainnya...