Israel: AS Tak Mungkin Menang di Irak

0 21

Kemenangan AS di Irak semakin jauh panggang dari api. Bahkan sekutu terdekatnya di Timur Tengah meyakini bahwa AS tak akan pernah menang di Irak.

“Saya tidak berpikir bahwa Amerika akan meraih kemenangan di Irak,” tandas Wakil Perdana Menteri Israel Shimon Peres seperti dikutip Yediot Aharonot, Rabu (13/12).

Nada pesimis Peres itu terungkap tak lama setelah sebuah hasil jajak pendapat yang dirilis Rabu kemarin. Jajak pendapat itu menunjukkan bahwa mayoritas rakyat Amerika berkeyakinan bahwa AS mengalami kekalahan dalam Perang Irak. Para responden juga mendukung agar Komite Studi Irak melakukan perubahan dalam kebijakan George W. Bush di Irak.

Hasil jajak pendapat yang dilakukan Washington Post dan jaringan AS ABC itu juga menyebutkan, sekitar 8 orang dari 10 warga AS mendukung pengalihan tugas AS di Irak dari perang secara langsung ke pelatihan kekuatan-kekuatan Irak.

Nada pesimis terhadap kondisi di Irak juga diungkapkan Menlu Inggris Margaret Beckett. Ia mengatakan, pihak Sekutu sekarang ini tengah berjalan pada tahapan buruk, dan kondisi di Irak sangat sulit serta telah tiba waktunya untuk kembali mengevaluasi kebijakan Inggris di Irak. (ilyas/im/ya)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.