Virus Pasang Jebakan Tahun Baru

0 18

Jakarta, Perusahaan keamanan komputer F-Secure memperingatkan bahaya baru di tahun baru 2007 ini. Sebuah worm bernama Luder-A atau Tibs.jy menyebar melalui e-mail bersubjek “Happy New Year!”, berisi file attachment bertajuk postcard.exe.

Prinsip penyebaran worm ini, seperti dikutip detikINET dari zdnet, Rabu (03/01/2007), hampir sama dengan worm yang lain.

Sekali korban terjebak membuka file attachment, kala itu juga worm akan mencari alamat e-mail dan menyalin dirinya ke komputer korban dan menginfeksi komputer lainnya. Worm ini juga mencoba mematikan komputer.

Seperti terpapar di situs iDefense Labs VeriSign, worm Luder sudah marak beredar di Internet. Perbandingannya, lima e-mail per detik pada satu jaringan besar sedikitnya terinfeksi worm ini. Virus tersebut menginfeksi komputer yang berjalan di sistem operasi Windows.

Lebih lanjut, F-Secure mengkategorikan worm Luder ini di level 2 dari skala 3, yang artinya berada di level menengah yang membahayakan sistem komputer.

Perusahaan tersebut juga mendefinisikan worm itu sebagai sebuah program komputer yang mereplikasi diri sendiri dengan mengirimkan dirinya ke komputer lain. (dwn)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.