Empat Juta Orang Bergerak Menuju Mina dan Arafah

0 2

Menurut harian Al-Ahram, Mesir, jamaah diperkirakan mencapai 4 juta orang mulai bergerak menuju Mina dan sebagaian lain menuju Arafah untuk melaksanakan wukuf sebagai puncak haji di Arafah, hari ini, Jumat, 9 Zulhijjah yang bertepatan dengan tanggal 29 Desember 2006.

Harian Al-Watan edisi hari Kamis, 28 Desember melaporkan bahwa sejak Rabo kemarin gelombang jamaah menuju Mina untuk mengikuti tarwiyah sudah mulai bergerak seusai shalat dhuhur. Mereka akan menginap semalam di Mina sebelum berangkat menuju Arafah.

Sekitar 15.000 bus mengangkut jamaah haji menuju Mina sebagian yang lain akan bergerak hari ini lagsung menuju Arafah.

Mereka bergerak dalam mobil, van dan berjalan kaki, massa jamaah berjubah-putih mengalir ke sebuah kota tenda di lembah Mina untuk memulai ritual lima-hari yang meletihkan itu, tugas bagi setiap Muslim yang sehat dan tak bercacat yang mampu melakukan perjalanan tersebut.

“Ini malam rahmat bagi semua Muslim,” kata Hassan Abu al-Fadl, seorang insinyur Mesir yang memakai pakaian ikhram putih sederhana yang dipakai oleh jemaah sebagai pertanda persamaan dan sepi pada pamrih.

“Jarang melihat semua orang Islam dari latar belakang etnik yang berbeda-beda di satu tempat dengan satu tujuan.”

Dalam salah satu pertunjukan terbesar di dunia mengenai ketaatan agama massa, jemaah berkumpul di Masjid Agung Mekah dan menyusul rute di sekitar gunung kota tua itu sesuai dengan tradisi yang diperlihatkan oleh Nabi Muhammad SAW.Dengan kerumuman besar itu, Arab Saudi biasanya mengerahkan lebih dari 50.000 anggota keamanan untuk berusaha menghindarkan berdesak-desakan yang mematikan. Pemerintah juga mengatakan mereka akan menindak keras pada Muslim yang berusaha untuk menyelinap ke Mekah tanpa izin resmi. [ant/informasihaji.com]

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.