Berita Dunia Islam Terdepan

Presiden Iran Tulis Surat untuk Rakyat AS

0 0

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad kembali menulis surat terbuka yang ditujukan pada rakyat Amerika Serikat. Dalam suratnya itu, Ahmadinejad lagi-lagi melontarkan kritik pedas terhadap kebijakan Presiden AS, George W. Bush dan mendesak AS agar segera mundur dari Irak.

“Sekarang, Irak punya konstitusi dan punya dewan serta pemerintahan yang independen, tidakkah akan lebih bermanfaat jika para tentara dan pejabat AS dipulangkan ke negerinya dan pengeluaran negara yang digunakan untuk membiayai perang Irak, digunakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Irak?” tulis Ahmadinejad dalam suratnya yang dirilis oleh utusan negara Iran di PBB, Rabu (29/11).

Ahmadinejad mengatakan, sejak dimulainya perang AS di Irak pada tahun 2003, ratusan rakyat Irak terbunuh, cacat atau menjadi pengungsi.

“Dengan kehadiran militer AS di Irak, tak ada satupun yang dilakukan AS untuk membangun kembali kehancuran, memperbaiki infrastruktur atau mengurangi kemiskinan,” kata Ahmadinejad.

“Saya melihatnya, sangat sulit dipecaya, bahwa anda, rakyat Amerika mengizinkan uang milyaran dollar keluar tiap tahunnya dari kas negara untuk kegagalan militer ini. Rakyat Amerika yang mulia, bangsa kami selalu mengulurkan tangan persahabatan bagi semua bangsa di dunia,” tegasnya seraya menyatakan bahwa dirinya berusaha membangun dialog langsung dengan rakyat Amerika tanpa melalui pemerintah AS.

Lebih lanjut Ahmadinejad dalam suratnya menulis,”Ratusan ribu orang Iran saat ini hidup di tengah anda dalam persahabatan dan perdamian serta memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat anda.”

“Legitimasi, kekuatan dan pengaruh dari sebuah pemerintahan, bukan berasal dari persenjataan berupa tank-tank, pesawat-pesawat tempur, misil-misil dan senjata-senjata nuklir. Legitimasi dan pengaruh terletak pada hal-hal yang logis, penegakkan keadilan, rasa saling menyayangi dan empati pada seluruh umat manusia,” tandas Ahmadinejad.

Surat Ahmadinejad Rabu kemarin, adalah surat kedua yang dilayangkannya ke AS. Surat pertama pada Mei lalu ditujukan langsung ke Presiden Bush. Alih-alih ditanggapi, surat Ahmadinejad malah dikecam oleh sejumlah pejabat AS.

Surat Ahmadinejad pada Bush Mei lalu, juga mendesak agar AS segera menarik diri dari Irak dan mengecam dukungan buta AS pada Israel. (ln/aljz/GulfDaily/eramuslim)

Baca artikel lainnya...