Berita Dunia Islam Terdepan

Google, Yahoo, MSN Sepakati Sitemaps

0 1

California, Rupanya tiga raksasa internet (Google, Yahoo, dan Microsoft Network) tak mudah tersandung gengsi. Buktinya untuk hal-hal yang penting mereka bersedia untuk sepakat.

Ketiganya sepakat mendukung satu standar bernama Sitemaps 0.90. Standar itu dirancang agar memudahkan pengelola situs menampilkan halaman mereka di situs pencarian.

Pada dasarnya standar itu merupakan cara-cara membuat ‘peta situs’ yang memudahkan situs pencarian dalam menggali informasi. Kesepakatan ini adalah hal yang cukup penting karena pengelola situs tak perlu membuat tiga tipe peta situs untuk tiga situs pencarian yang berbeda.

“Sitemaps membantu pengelola situs untuk mengedepankan konten yang biasanya susah untuk ditemukan, sehingga hasil pencarian pun akan lebih baik bagi pengguna akhir,” tutur Direktur Manajemen Produk Yahoo Search, Tim Mayer, seperti dikutip detikINET dari AFP, Jumat (17/11/2006).

Peta situs berupa sebuah file yang memberi petunjuk mengenai halaman-halaman apa yang perlu ‘dijelajahi’ oleh situs pencarian. Dalam file tersebut pengelola situs bisa memberikan alamat sebuah halaman dan data lain seperti kapan halaman tersebut terakhir diperbaharui. “Standar terbuka seperti ini seudah lama diinginkan pengelola situs. Ini perkembangan yang baik bagi seluruh komunitas,” ujar Danny Sullivan dari Search Engine Watch. (wsh/wshdetiknet)

Baca artikel lainnya...