Berita Dunia Islam Terdepan

Tentara Kanada Tewas Ditembak Pesawat AS di Afghanistan

0 1

Seorang tentara Kanada tewas dan sejumlah lainnya terluka, Senin (4/9), akibat tembakan dari beberapa jet tempur AS dalam sebuah operasi anti-Taliban di wilayah selatan Afghanistan.

Pasukan internasional yang sedang melakukan serangan terhadap basis Taliban di distrik Panjwayi di provinsi Kandahar, telah meminta bantuan udara sebelum insiden itu terjadi, kata pasukan NATO (International Security Assistance Force) dalam keterangannya, Senin (4/9).

“Kemudian jet-jet ISAF, yang dikonfirmasikan oleh Combined Air Operations Centre sebagai pesawat jenis A-10 milik AS, memberikan bantuan tapi patut disesalkan pesawat itu justru menembak pasukan Kanada,” kata ISAF.

Insiden itu menyebabkan seorang serdadu Kanada tewas dan beberapa lainnya terluka.

Empat tentara Kanada yang terlibat dalam operasi tersebut, dengan sandi Medusa, juga dilaporkan tewas, Minggu (3/9). Sehingga selama 2006 tentara Kanada yang tewas di Afghanistan mencapai 20 orang.

Operasi itu dilancarkan sejak Sabtu (2/9) dan melibatkan sekitar 2.000 tentara yang tergabung dalam ISAF dan didukung pasukan Afghanistan untuk memburu kelompok Taliban di Panjwayi.

Komandan ISAF Letjen David Richards mengatakan bahwa pihaknya menyesalkan peristiwa tersebut. (Tr/AFP/OL-03)

Sumber: Media Indonesia Online

Baca artikel lainnya...