Tim Olimpiade Komputer Indonesia Raih 1 Medali Perak

0 9

Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) 2006 berlaga di International Olympiad in Informatics XVII di Merida, Mexico.

Anggota tim terdiri dari empat siswa terbaik Indonesia di bidang pemrograman komputer, yaitu: Aditya K. Gunawan, SMA Kanisius Jakarta; Daniel Aris P, SMAK Bilingual IPEKA Puri Jakarta; Derianto Kusuma, SMA Kanisius, Jakarta; Kevin Tanadi, SMA Sutomo 1 Medan.

Kompetisi yang berlangsung 13-20 Agustus 2006, menghasilkan satu medali perak atas nama Derianto Kusuma, dari SMA Kanisius Jakarta. “Medali ini merupakan medali perak ketiga bagi Derianto yang pada dua kali pelaksanaan lomba sebelumnya juga sama-sama meraih medali perak,” kata Fauzan Joko, Koordinator Humas TOKI seperti dikutip detikINET, Selasa (22/8/2006) dari keterangan tertulisnya.

Diceritakan Fauzan, pada lomba hari pertama Derianto mencapai nilai yang cukup bagus yaitu 264 dari maksimal 300. Namun pada lomba kedua ternyata soal yang diberikan tergolong sangat sulit dan hampir semua peserta nilainya jeblok.

Derianto meraih nilai 112 sehingga total nilainya menjadi 376 hanya berbeda sangat tipis yaitu 9 angka dari peraih medali emas terendah dan menempati posisi 28 dari 290 peserta,” ungkap Fauzan.

Absolute winner atau peringkat teratas dalam lomba ini dicapai oleh Filip Wolski dari Polandia yang meraih total nilai 480 dari maksimal 600. Sedangkan juara umum diraih oleh tim dari Cina yang meraih 4 medali emas.

Prestasi Indonesia tahun ini memang jauh menurun bila dibandingkan dengan pelaksanaan dua IOI sebelumnya, yang berhasil meraih 2 medali perak dan 1 perunggu.

Kontingen TOKI 2006 yang dipimpin oleh Suryana Setiawan MSc. dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan didampingi oleh Dr. Inggriani Liem dari STEI Institut Teknologi Bandung, dijadwalkan akan tiba kembali ke tanah air pada hari Rabu (23/08/2006). (detikinet)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.