(Arrahmah.com) - Video tentang pembantaian Suriah memang sangat banyak beredar di dunia maya, yang direkam oleh para aktivis Suriah. Dari video penembakan atau pembantaian oleh pasukan pro-Assad terhadap warga sipil Suriah, penyerangan oleh pasukan Alawiyah atau milisi Syi’ah Shabihah, korban-korban pembantaian, dan yang berkaitan dengan itu.

Tidak dipungkiri, memang dunia terkhusus kaum Muslimin sangat butuh informasi tentang saudara Muslim di Suriah yang tengah menderita akibat kekejaman rezim Bashar Assad dan pasukan loyalisnya. Video-video yang diunggah oleh para akitfis Suriah sangat membantu jurnalis seluruh dunia, terutama jurnalis Muslim untuk mengabarkan keadaan di Suriah yang sebenarnya. Tujuannya, adalah supaya kaum Muslimin di belahan dunia mengetahui kondisi saudara-saudara mereka, sehingga bangkitlah semangat mereka untuk melakukan perlawanan atau melakukan sesuatu untuk membantu kaum Muslimin di Suriah dengan segala cara yang mungkin dan dapat dilakukan.

Tetapi, ada saja pihak-pihak yang menyebarkan berita-berita palsu. Jika berita palsu tentang ketidakbenaran soal kondisi Muslim karena media kafir Barat dan yang pro-Barat menyimpangkan situasi sebenarnya, yang tidak berpihak kepada Muslim, itu biasa. Namun, video palsu yang beredar kali ini adalah video yang menayangkan tragedi yang sangat mengerikan, yang diklaim bahwa video ini adalah video kekejaman pasukan rezim Bashar Assad terhadap warga sipil Suriah, dimana orang-orang berpakaian militer memenggal kepada dua pria dengan menggunakan gergaji mesin.

Video ini telah beredar luas seperti di Youtube, jejaring sosial dan Blackberry BBM,  yang tentu respon mereka sangat mengutuk tindakan para pemenggalnya, terlebih dikira bahwa yang dipenggal adalah Muslim Suriah oleh pasukan Bashar Assad. Video ini semakin meyakinkan para penonton bahwa ini terjadi di Suriah karena sound-nya berbahasa arab menyebut-nyebut nama Bashar Assad. Hal ini tentu membuat kebencian terhadap Bashar Assad semakin meledak-ledak. 

Tetapi benarkah video ini adalah benar-benar terjadi di Suriah yang dilakukan oleh pasukan rezim Assad?

Ternyata setelah di jelajah, video ini bukanlah video yang terjadi di Suriah, bukan dilakukan oleh pasukan Bashar Assad. Melainkan ini adalah video pembantaian terhadap dua pria pengedar narkoba di Meksiko, yang disinyalir mereka dibantai oleh polisi anti-narkoba Meksiko karena tertangkap sebagai pengedar narkoba kelas kakap. Sebelumnya, video ini juga pernah diisukan sebagai kekejaman yang dilakukan di Afghanistan, kini heboh lagi dengan versi isu kekejaman di Suriah.

Jika dilihat dalam video versi aslinya, video ini jelas berbahasa Spanyol. Pada awal dalam video ini menunjukkan dua orang pria yang memperkenalkan diri mereka sebagai Felix gamez Garcia dan pamannya Barnabas gamez Castro. Felix gamez Garcia mengaku menyelundupkan narkoba ke Amerika Serikat, yang bekerja sebagai bagian dari Joaquin El Chapo Guzman Sinaloa Cartel.

Penyebaran video palsu tentang pembantaian Suriah yang telah dimanipulasi oleh suara pasukan pro-Assad ini telah meluas. Apalagi yang paling banyak menyebarkan tentu kaum Muslimin, karena rasa cinta mereka terhadap saudara mereka di Suriah, dan kebencian mereka terhadap Bashar Assad dan pendukung-pendukungnya sangat besar. Sebesar apapun kebencian kita terhadap Bashar Assad dan pasukan loyalisnya, tetap tidak dibenarkan untuk menyebarkan berita palsu yang memfitnah mereka. Bukan kita membela kekejaman rezim Bashar Assad, tetapi karena menyebarkan kebohongan yang disengaja adalah termasuk dosa besar.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan untuk berbuat adil dalam segala sesuatu, sekalipun terhadap orang-orang kafir, Allah berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu menjadi orang-orang yang selalu menegakkan kebenaran karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum membuatmu tidak berlaku adil. Berbuat adillah karena ia lebih mendekati ketakwaan.” (QS. Al Maa’idah: 8)

Jika penyebaran video palsu ini bertujuan untuk membangkitkan kemarahan dan semangat juang kaum Muslimin untuk melawan, sesungguhnya, tanpa video ini pun kaum Muslimin di seluruh dunia telah merasa marah dengan kemarahan yang besar atas pembantaian yang telah dilakukan oleh pasukan loyalis Assad terhadap kaum Muslimin di Suriah. Satu jiwa seorang Muslim saja dibantai, telah membangkitkan kemarahan Muslim dan semangat Jihad mereka untuk melawan dan membela saudara mereka karena antar sesama Muslim adalah seperti satu tubuh.

Wallahu a’lam bishshawab

Video yang dipalsukan

Video versi asli

 Video versi lengkap

(siraaj/arrahmah.com)