KARIMUN (Arrahmah.com) – Sebagai upaya memotivasi para mualaf agar lebih memahami tata cara membaca Al Quran, Kantor Kementerian Agama Karimun, Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bagi para mualaf yang digelar pada 23-25 Juni 2011.

MTQ tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Karimun, Nurdin Basirun di Masjid Agung Tanjung Balai Karimun, Kamis (23/6/2011).

Kepala Kantor Kementerian Agama Karimun, Erman Zaruddin mengungkapkan bahwa  mualaf yang berpartisipasi dalam MTQ sebanyak 58 orang dari 300 lebih mualaf di kabupaten tersebut.

“Penilaiannya sama seperti MTQ biasa, baik cabang tilawah maupun tartil,” ucapnya.

Pemenang dalam MTQ tingkat kabupaten tersebut, akan mewakili Karimun dalam MTQ tingkat Provinsi Kepri yang digelar di Batam pada 25 Juni 2011.

Kantor Kemenag Karimun melalui Bagian Urusan Agama Islam, terus mendorong pembinaan dan bimbingan bagi muallaf sehingga mengetahui ajaran Islam.

“Dengan bimbingan yang diberikan, kami berharap mereka tidak canggung dan merasa terpinggirkan ketika berhadapan dengan penganut Islam sejak lahir,” katanya.

Selain itu Erman mengungkapkan bahwa pihaknya mendirikan Majelis Taklim Saudara Baru yang bertujuan mengakomodasi pada muallaf dalam memahami nilai-nilai dan ajaran Islam. Dalam pelaksanaannya, majelis taklim tersebut mengadakan pengajian rutin dua kali sebulan mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten.

Bupati Karimun Nurdin Basirun mengatakan, bahwa pemerintah daerah mendorong program peningkatan keimanan dan ketaqwaan setiap pemeluk agama. MTQ bukan hanya sarana lomba seni baca Al Quran, tetapi wadah untuk meningkatkan gemar membaca Al Quran yang tidak hanya untuk mualaf, tapi untuk seluruh umat Islam. (ans/arrahmah.com)