KABUL (Arrahmah.com) – Seorang tentara Afghanistan melancarkan tembakan ke arah tentara kafir AS dan Italia, seorang tentara kafir AS tewas dan dua orang tentara kafir Italia terluka akibat serangannya, Selasa (29/12).

Jurubicara NATO membenarkan peristiwa tersebut namun tidak memberikan detil informasi.

“Peristiwa terjadi hari ini (selasa-red) di Afghanistan barat.  Seorang tentara Afghan menembak tentara AS dan Italia,” ujarnya.

Ia melanjutkan pihaknya sedang melakukan investigasi terkait peristiwa ini.

Jurubicara militer kafir Italia mengatakan, serangan terjadi pada pukul 11.30 saat tentara Italia melakukan operasi di Bala Murghab, provinsi Badghis.

“Tentara yang melancarkan tembakan juga terluka karena serangan balik yang dilakukan tentara NATO dan tentara Afghan lainnya yang berada di tempat kejadian.  Ia segera ditangkap dan dilarikan ke rumah sakit terdekat,” lanjutnya.

Bulan lalu, seorang polisi Afghan menembak mati lima tentara Inggris di wilayah Afghanistan selatan.

Kejadian-kejadian ini membuat NATO bertanya-tanya, seperti apakah program pelatihan dan perekrutan yang dijalankan militer Afghanistan.

Sekitar 113.000 tentara kafir tersebar di Afghanistan saat ini di bawah komando AS dan NATO dan akan bertambah sekitar 30.000 tentara ditahun 2010 mendatang untuk menghadapi kekuatan mujahidin Imarah Islam Afghanistan. (haninmazaya/AFP/arrahmah.com)