JAKARTA (Arrahmah.com) – Banyak pekerja yang menghabiskan aktivitasnya di depan komputer, tidak menyadari kalau perangkat eletronik yang dekat dengan keseharian mereka bisa menimbulkan penyakit. Karena terkontaminasi dari debu yang membawa kuman penyebab penyakit.

Ancaman kesehatan makin nyata terjadi, sebab keyboard yang selalu dekat serta bersentuhan langsung dengan kulit tangan. Padahal, bisa jadi disitulah berkumpulnya sarang kuman, akibat menumpuknya debu. Kendati sudah rutin dibersihkan, tidak menjamin debu dan kuman akan terbebas.

“Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Arizona, Amerika Serikat, ditemukan kalau papan ketik komputer lebih kotor daripada dudukan kloset di kamar mandi,” jelas Eddie Yap, Manager PT Kobian, sebuah perusahaan distributor alat pembersih gagdet Cyber Clean.

Ditambahkan Eddi, kepada sejumlah wartawan, di Restoran Soho Senayan City, Jakarta, Kamis (23/7), penelitian yang dilakukan sejak setahun lalu tersebut, juga terungkap kalau, keyboard yang menjadi teman dalam menjalankan pekerjaan, 400 kali lebih banyak kuman dibandingkan dengan dudukan toilet tersebut.

“Alat penyedot debu khusus, ternyata tidak mampu menghilangkan kuman sumber penyakit tersebut. Karena memang hasilnya tidak maksimal. Memang, pada permukaan keyboard nampak terlihat bersih, tapi di dalamnya, dimana rongga yang sulit terjangkau, masih terdapat kotoran lain yang belum dibersihkan,” tandasnya. (okz/arrahmah.com)