MESIR (Arrahmah.com) – Salah satu tokoh utama pendukung kudeta militer yang terjadi di Mesir, Mohamed El Baradei, telah menyatakan bahwa dirinya berkeyakinan Syiah.

Wakil presiden Mesir itu menyampaikan pernyataan tersebut pada pelaksanaan shalat Idul Fitri di Masjid Al-Azhar di Kairo, kantor berita Buratha melaporkan, seperti dilansir JN pada Selasa (13/8/2013).

El Baradai, yang saat ini mengepalai Partai Al-Dastoru di Mesir, mengejutkan jamaah Muslim dengan mengatakan bahwa dia shalat dengan tata cara Syiah. Ketika ditanya apakah dia telah memeluk Syiah, El Baradei mengatakan, Saya memiliki identitas Sunni dan keyakinan Syiah dan tidak ada alasan bagi saya untuk menolak keyakinan saya.

egyptian-vice-president-muhammad-el-baradei

Mohamed El Baradei

Sebelumnya, El Baradei juga telah menentang oposisi Salafi yang menolak kunjungan wisatawan Iran ke Mesir. Dia mengklaim bahwa Sunni dan Syiah melaksanakan haji bersama-sama dan tidak ada alasan untuk menolak akses wisatawan Iran ke beberapa situs ziarah di Mesir.

M
antan Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) itu juga disebut-sebut sebagai salah satu di antara pihak yang turut andil dalam pembukaan “Huseiniyah Syiah” pertama di Mesir. (banan/arrahmah.com)

Topik: , , , ,